Tumpeng Gizi Seimbang

Pedoman Gizi Seimbang di Indonesia

Pedoman tentang kebutuhan gizi seimbang diperlukan bagi masyarakat. Salah satu upaya menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan. Zaman dulu, selalu didengung-dengungkan tentang empat sehat lima sempurna. Saat itu, susu menjadi pelengkap kesempurnaan tersebut. Sejak tahun 2009, melalui Undang-Undang Kesehatan No 36 pasal 141 ayat 1, disebutkan secara jelas tentang istilah ‘gizi seimbang’. Istilah ‘gizi seimbang menekankan pada konsumsi zat gizi yang sesuai kebutuhan sehingga terhindar dari risiko malnutrisi. Nah, Kali ini, Eaters mau mengenalkan Pedoman Gizi di Indonesia secara singkat.

Pedoman Gizi di Indonesia

Indonesia menerapkan Pedoman Gizi Seimbang, yang saat ini dapat kita lihat pada Peraturan Menteri Kesehatan no 41 tahun 2014. Tidak melulu membahas keragaman asupan makan dan minum. Kebiasaan hidup bersih, pemantauan berat badan dan aktivitas fisik teratur menjadi pilar yang tidak terpisahkan dari pedoman ini. Berikut visualisasi Tumpeng Gizi seimbang sesuai Pedoman Gizi Seimbang 2014:

Tumpeng Gizi Seimbang
Tumpeng Gizi Seimbang

Pedoman ini memuat penjelasan tentang gizi seimbang pada berbagai kelompok usia atau kondisi. Usia anak, dewasa, dan lansia memiliki tujuan pemenuhan nutrisi yang berbeda-beda. Pada anak-anak, kebutuhan nutrisi fokus utamanya adalah pertumbuhan. Nutrisi bagi remaja perempuan dibutuhkan untuk menyiapkan kondisi reproduksi. Pada lansia, konsumsi pangan diatur agar tidak mengalami penyakit degeneratif. Pengaturan diet pada lansia juga ditujukan untuk tidak memperparah penyakit yang sudah ada. Meskipun kebutuhan individu pada kelompok usia dan kondisi tertentu bisa saja berbeda-beda, pembagian ini setidaknya cukup membantu dalam penentuan gizi secara umum. 

Secara detail, nominal kebutuhan kalori dan zat gizi tercantum pada tabel Angka Kecukupan Gizi pada bagian lampiran pedoman. Angka kalori tersebut dapat diterjemahkan dalam porsi makanan yang siap konsumsi. Lampiran pedoman juga memuat bahan makanan penukar, untuk membantu menetapkan porsi makanan secara sederhana.

Baca juga: makanan sumber karbohidrat

Puncak Tumpeng yang Sering Terlupa

Bila kita melihat puncak tumpeng pada gambar di atas, terdapat anjuran untuk membatasi penggunaan gula, garam, dan minyak tambahan. Terkadang, dalam perhitungan kebutuhan gizi hanya terfokus pada kalori dari bahan makanan utama. Bahan utama dalam hal ini seperti makanan pokok dan lauk-pauknya. Penyajian bahan makanan siap santap dengan rasa yang dapat diterima lidah tentunya membutuhkan pengolahan dengan bumbu dan pemberi rasa asin, manis, dan gurih. Penggunaan gula, garam, dan minyak pada masing-masing bahan makanan tanpa disadari terkadang melebihi kebutuhan yang dianjurkan. Hal ini dikhawatirkan dapat meningkatkan berat badan dan memicu berbagai penyakit.

Untuk mencapai kesehatan yang optimal, sebaiknya kita mematuhi Pedoman Gizi Seimbang. Jadi, Eatee, jangan lupa atur makanmu ya!

78 pemikiran pada “Pedoman Gizi Seimbang di Indonesia”

  1. Wah informasi penting nih buat semua kalangan. Tidak hanya memantau pertumbuhan si kecil, namun kebutuhan kita bahkan kebutuhan gizi lansia juga perlu diperhatikan. Terimakasih infonya mbak….

    Balas
  2. Wah info tentang gizi kesehatan penting lho. Apalgi buat anak dan orang dewasa, bahkan buat semua kalangan. Dengan mengetahui takarannya jd bs lbh sehat tnpa lebih atau kurang.thx mb infonya bermanfaat

    Balas
  3. wah benar juga ya, kadang kita lupa untuk melihat puncak tumpeng, padahal ada anjuran untuk membatasi penggunaan gula, garam, dan minyak tambahan. Terkadang kita hanya fokus pada kalori dari bahan makanan utama, seperti makanan pokok dan lauk-pauknya saja.

    Balas
  4. Terima kasih untuk tulisannya, mbak. Aku juga lagi menerapkan gizi seimbang dalam makanan keluarga.
    Sekarang tingkat anak stunting di Indonesia itu semakin tinggi ya, mbak. Karena kurangnya gizi seimbang, suka sedih bacanya 🙁

    untung sekarang sudah banyak kampanye juga tentang gizi seimbang, jadi biar semakin banyak orang yang tau dengan pola makan ini 🙂

    Balas
  5. Wah, ini informasi yang sangat bermanfaat. Sebab selama ini jarang orang yang memperhatikan gizi seimbang dalam makanan, termasuk saya. Ke depan harus lebih memperbaiki lagi pola makan. Supaya terhindar dari penyakit….

    Balas
  6. Berat badanku sebenarnya di bawah standar. Dulu mikirnya ga usah lah ribet mau makan. Makan apa aja yg ada. Kalo ga ada ato ga suka juga dimakan. Tp buat orang kurus ternyata perlu juga mengatur gizi, biar tubuh tetap sehat dan memenuhi kebutuhan yg emang dibutuhkan tubuh..

    Balas
  7. Hiks aku agak menyesali diri yang susah banget makan sayur,
    Karena dari kecil dulu, aku gak suka yawudha dibiarkan,
    Akhirnya sekarang kerasa, kaya kulit kering giti, dan sekarang sedang membiasakan untuk menyukai sayur apapun ituu

    Balas
  8. Membatasi gula , garam dan minyak… padahal ini semua adalah hal yg enak di mulut… tapi sebelum oenyakit yang datang untuk membatasinya lebih baik kita yang disiplin mulai dari sekarang

    Balas
  9. Wah, aku kerap abai nih mengenai komposisi gizi dari makanan yang kusediakan untuk keluarga di rumah. Biasanya sih sudah tenang kalau tersedia makanan mengandung karbohidrat, sayuran, dan sumber protein, hihihi …

    Kalau untuk takarannya, duh … pokoknya sekenyangnya orang rumah aja, deh. Ini nggak bener banget, ya?

    Balas
  10. Selain gizi seimbang harus dilengkapi dengan gaya hidup sehat juga ya kak, seperti menggerakkan badan, cuci tangan sampai memantau berat badan.

    Balas
  11. Back to basic intinya ya mba. Kalo udah seumuran saya, memang sudah susah harus bebas gula garam dan minyak. Kadang kalo gak kerasa asinnya itu gak enak. Emang udah lidah micin ini emak. Kekeke. Tapi saya disiplin menerapkan pola makan utama no gulgar untuk ketiga bayi saya sampai mereka berusia 2 tahun. Alhamdulillah masih konsisten.

    Balas
  12. Puncak tumpeng yang sering terlupakan. Wah, bener banget kak. Kadang yang kita konsumsi jauh lebih besar dari yang seharusnya untuk gula, garam dan minyak ini.

    Balas
  13. Kalau dulu konsepnya 4 sehat 5 sempurna ya Mbak, tapi itu sudah lama sekali dan diralat setelah kita memiliki lebih banyak pengetahuan. Kini konsepnya gizi seimbang dan setiap orang punya kebutuhan gizi yang berbeda ya. Jadi memang harus mau usaha lebih untuk mengetahui kebutuhan gizi kita. itu juga mungkin yang membuat prodi gizi diminati di kampus-kampus

    Balas
  14. Wah informasi yang sangat berguna nih. Kebetulan saya lagi mencari informasi gizi seimbang untuk tulisan selanjutnya, eh malah dapatnya disini.

    Balas
  15. Betul bgt, gula, garam dan minyak sering di abaikan. Saya sendiri kebiasaan makanan keluarga tuh manis, entah sambal, sayur, apalagi minuman ataymu snack2. Ampe skrg susah ilangin, jd ngurangi aja. PR sih huhu

    Balas
  16. Baru itu puncak paling atas adalah batasan gula garam minyak selama ini bahkan ga tahu dan makan seenaknya aja jumlah ketiga puncak itu mb duh hrus berubah nih

    Balas
  17. Yang saya khawatirkan dari social distancing ini adalah keadaan para lansia. Mh, kan mereka makan sudah sesuai dengan kebutuhan mereka yang dianjurkan. Namun kebanyakan di rumah membuat mereka kurang membakar kalori.

    Jadinya bagi yang punya penyakit diabetes bakalan susah menghadapi keinginan tidur di pagi hari. Mungkin biasanya mereka ke sana sini silaturahim sama kawan seumuran. Cuma, karena social distancing jadinya mereka kebanyakan di rumah. Apa yang mereka asup jadinya gak sesuai sama yang mereka bakar. Semoga lansia mengerti ya, untuk mengurangi lagi karbohidrat yang mereka makan.

    Balas
    • Mungkin kita arahkan untuk beraktivitas fisik di rumah ya mbak. Kalau kalori kurang dari kebutuhan takutnya malah lemes lansia-nya. Kalau lansia bisa pegang ponsel enak ya, bisa dikirim video senam ringan.

      Balas
  18. Terima kasih sudah diingatkan untuk melihat kembali pedoman gizi seimbang. Aku cukup sadar diri sih jarang banget merhatiin berapa banyak garam, gula dan minyak yang udah dikonsumsi makanya kelebihan berat badan hehehe.

    Balas
  19. Dr literasi yg aku baca memang seharusnya membatasi penggunaan gula dan garam, ganti minyak yang lebih sehat, minyak zaitu misalnya, dan yup bagian ini seolah sepele dan jarang disosialisasikan…

    Balas
  20. Puncak tumpeng gizi seimbang itu emang kadang dilupakan, biasanya kita cuma berkutat di kalori tentang makanan pokok dan lauk, kebutuhan gula dan mineral itu seharusnya juga diperhatikan. Harus seimbang, jangan sampai kelebihan apalagi kekurangan

    Balas
  21. jujur aja aku baru tau kalo acuan untuk gizi seimbang ini dari ilutrasi tumpeng kayak gini kak. Dan memang yg paling mendasar dan d bagian paling bawah itu jangan sampe ga ada aktivitsa fisik dan workout ya

    Balas
  22. Iya ya? Pada ujung tumpeng ada bagian yang sebaiknya kita konsumsi dalam jumlah paling kecil. Sayangnya terkadang malah berlebihan … PR yang harus segera dan selalu dilaksanakan ini… kurangi garam, gula dan zat aditif

    Balas
  23. Asupan gizi yang masuk dalam tubuh memang bener2 harus diperhatikan dari usia muda ya, soalnya dampak akan timbul saat usia tua, untuk pengolahan masakan juga memang kita sekarang malah terbiasa dengan bumbu yang sudah jadi padahal itu juga ga bole dibiasakan ya, buat sendiri aja mungkin dengan mengurangi pakai garam yang biasa.

    Balas
  24. Membatasi konsumsi gula, garam dan minyak ini yang berat. Syukur alhamdulillah, aku sejak SMA sudah sebisa mungkin minum teh kopi tawar. Sayur suka yang dimasak minim garam. Tetapi, minyak ni yang berat banget. Aku suka tempe goreng, ayam goreng hingga telur ceplok dadar gitu.

    Balas
  25. Saya masih sering mendapati influencer apa yutuber (bloger juga ada), yg bilang makan itu harus 4 sehat 5 sempurna. Padahal itu kan udah zaman baheula banget kan ya hihi… enam tahun ini kita kan pakenya Pedoman Gizi Seimbang.

    Balas
  26. Yang paling gampang di inget dari pedoman gizi seimbang ini emang anjuran makan 4 sehat 5 sempurna. Tapi yang jadi masalah banyak juga yang ngga ngelakuin ini.

    Balas
  27. Wah iya nih, membatasi gula garam apalagi minyak tuh rasanya sulit banget kecuali kalau makanan masak sendiri
    kalau masak sendiri aja kadang berasa kurang gula garamnya huhuhu

    Balas
  28. Asupan sayur yang masih kurang di rumahku, anak-anak doyannya kangkung dan sayur asam doang. Jadi seratnya aku alihkan ke buah-buahan. Kalo protein alhamdulillah, mereka suka semua. Mulai dari ayam, daging, ikan, telor dan tahu tempe. Tinggal Emaknya yang rempong masaknya hehehe…

    Balas
  29. Prinsip makanan aku tuh 4 sehat 5 sempurna 6 istimewa. Yang ke enam itu dessert sih biasanya. hehehehe ^^
    Aku juga setuju banget soal pola hidup yang harus diimbangi dengan pola makan sehat. Dengan menjaga pemakanan, InsyaAllah kita akan sehat dan hidup lebih teratur.

    Balas

Tinggalkan komentar

Pedoman Gizi Seimbang di Indonesia

by Eaters time to read: 2 min
78