Pastel Kari, Cemilan Enak dan Mengenyangkan

Beberapa waktu yang lalu, Eaters mendapat kiriman makanan nih, dari dr. Syifa SpOG (instagram.com/syifaalkaf), yaitu satu paket cemilan yang isinya pastel kari. Nah, ini pertama kalinya Eaters makan pastel dengan bumbu kari. Biasanya, isi pastel yang Eaters makan itu hampir mirip dengan risol. Kadang-kadang ada tambahan potongan telur rebus. Ada juga yang isinya campuran tumisan bihun. Ternyata banyak juga variasinya.

Kenapa Eaters jadi tertarik bahas pastel kari? Karena memang enak banget! Kulitnya renyah, isiannya mantap, bikin kenyang. Eh, tapi kok tetap mau nambah, ya? Waduh, kira-kira berapa kalori sih dalam 1 porsi yang dimakan? Buat jaga-jaga nih, masih bisa nggak ya makan 1 lagi. Yuk kita cincang resepnya!

Bahan utama pastel kari

Berdasarkan resep masakan di sini , maka bahan utamanya (bumbu diabaikan) antara lain:

  • 400 gram tepung terigu
  • 150 gram margarin
  • 100 gram daging sapi
  • 100 gram wortel
  • 200 gram kentang

Bahan dasarnya mudah didapat, mungkin Eatee stok di rumah. Untuk bahan dan cara pembuatan lengkapnya, silahkan meluncur langsung ke tautan di atas ya! Langkah selanjutnya, persiapkan bahan-bahannya dari dapur. Bila sudah tahu bahan-bahan apa saja yang tersedia di rumah, lebih mudah menentukan bahan apa yang akan dibeli.

Kandungan zat gizi makro pastel kari

Setelah tahu bahan utamanya, selanjutnya kita bahas kandungan zat gizi makro dari bahan utama pastel kari. Untuk bahan yang diambil dari kemasan, kita berpatokan pada label gizi di kemasan. Penasaran kan, berapa banyak sih kandungan zat gizi makro di dalam satu resep?

Tepung terigu

Kebetulan di rumah ada tepung protein sedang berwarna biru. Ternyata dalam 400 gram tepung terigu yang digunakan, terkandung 1400 kkal energi, dengan jumlah lemak 4 gram, protein 40 gram, dan karbohidrat 304 gram. Sumbernya dari label gizi di kemasannya. Kalau di dapur Eatee, tepung terigunya ada label gizinya jugakah? Coba baca yuk!

Tepung terigu protein sedang bahan pastel kari

Margarin

Di meja ada stok margarin bungkus kuning ini. Karena satu takaran sajinya 15 gram, berarti untuk 150 gram, kandungan zat gizinya dikali 10. Artinya, kebutuhan margarin dalam resep mengandung 900 kkl energi dan 100 gram lemak.

Daging sapi

Karena tidak menyimpan daging sapi di rumah, berarti harus beli dulu, nih! Nanti diperhatikan, pilih daging yang sedikit lemaknya, ya! Sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, tentang kandungan gizi beberapa bahan makanan yang merupakan sumber protein. Di dalam 100 gram daging sapi yang berlemak sedang, bila dibulatkan mengandung sekitar 200 kkal energi, 20 gram protein, dan 14 gram lemak.

Wortel

Wortel mentah sebanyak 100 gram mengandung 36 kkal energi, 1 gram protein, 0,6 gram lemak, dan 7,9 gram karbohidrat. Wortel memberi rasa manis dan memberi warna isian pada sajian ini.

Kentang

200 gram kentang mengandung sekitar 124 kkal energi, dengan kandungan zat gizi makro 4,2 gram protein dan 27 gram karbohidrat. Kentang menjadi sumber karbohidrat ke-dua setelah tepung dalam resep ini.

Kandungan kalori dan zat gizi makro dalam 1 porsi pastel kari

Total kandungan energi dari bahan utama di atas adalah 2660 kalori. Adapun komposisi total zat gizi makro yaitu 338,9 gram karbohidrat; 65,2 gram protein; 114,6 gram lemak.

Berdasarkan resep ini, dapat dihasilkan 27 porsi pastel kari. Hal ini berarti, minimal didapatkan sekitar 98 kkal energi, 12-13 gram karbohidrat, 2-3 gram protein, dan 4 gram lemak dalam 1 porsi pastel kari. Oh ya, jangan lupa, ini belum termasuk hitungan minyak untuk menggorengnya, ya!

Hmm, kalau dilihat dari kalorinya, setara setengah porsi nasi (berat 100 gram). Wah, pantas mengenyangkan! Masih ada slot kan ya untuk tambah lagi? Hehe, maunya sih πŸ˜„.

57 pemikiran pada “Pastel Kari, Cemilan Enak dan Mengenyangkan”

  1. Dulu waktu tinggal di Sumut sering makan pastel model kari begini. Wah ternyata ada 2660 kalori ya dalam 1 porsinya. Mesti ga boleh lupa diri nih kalau buka puasa pakai ini…saking enaknya kuatir kebablasan makan 5 biji dah berapa kalori aja tuh

    Balas
  2. Mirip makanan khas Makassar ya, tapi namanya Jalangkote. Kalau jalangkote saya tidak tahu berapa banyak kalorinya.
    Melihat kandungan kalorinya emang bisa nih pastel kari gantiin nasi tapi sesekali saja, bagaimanapun nasi lebih akrab buat lidahku.

    Balas
  3. Baiyuh, sebiji aja udah banyak banget kalorinya, wkwkwk. Bagaimana dneganku yang satu tak ernah cukup dan masih butuh makanan berat, kekekek. Bahaya.

    Balas
  4. Duuh, pastelnya bikin ngiler. Dari dulu ngga pernah berhasil bikin kulitnya. Ada saja yang gagal. Paling sebel kalau pas digoreng, tiba-tiba meletus, isinya berhamburan mengapung di minyak panas. Terimakasih ya mba’, semoga kali ini berhasil pastelnya..

    Balas
  5. Huwaa …mba aku kudet ya baru tahu ada nama camilan namanya Pastel Kari. Itu berarti isiannya dibumbu kari ya. Wah kalau pastel biasa aku suka dan biasa makan. Kalau Pastel Kari blm pernah. Pasti wuenak juga yaa, jadi pengen icip2. Hihi

    Balas
  6. Saya beberapa kali pernah cobain pastel kari ini juga k, emang enak banget ya beda dengan yang isi sayuran biasa. Asik banget ada bahan-bahannya sekalian jadi kapan-kapan bisa dicoba buat sendiri. Ternyata banyak juga jumlah kalorinya ya. Oh timbangan.

    Balas
  7. Wah pastel ini cemilan favorit saya. Tapi saya belum pernah merasakan yang bumbunya kari. Pasti lebih enak ya..Pantas pastel ini mengenyangkan rupanya kandungan kalorinya setara dengan setengah porsi nasi. Jadi kalau lagi ngemil pastel banyak, porsi makan nasinya mungkin bisa dikurangi. Supaya tidak kebanyakan kalori hehe….

    Balas
  8. wah pastel karinya isi sayur dan daging sptinya enak dan lezat ya..dan cara bikinnya mudah dan simpel..asyikk bisa dipraktekkan nih dirmh..mkdh ya kak sharing resepnya..

    Balas
  9. Wenaknyaaa
    Baru mggu lalu buat pastel, isinya mi and tela, sedap juga pake saos cabe merah hehe
    Tq resepnyaaa
    Tar dicoba πŸ™πŸ˜Š

    Balas
  10. Ahh pengen coba buat nie pastel kari, kayanya enak banget ya biasa makan pastel pakai cabe doang . Jadi ga usah makan nasi ganti pastel aja bole kan?

    Balas
  11. Sebagai penyuka gorengan, saya mesti waspada nih kalau ketemu pastel ini, soalnya bisa kalap. Bisa 5 biji bahkan lebih nih, wah berapa banyak tuh kalorinya.

    Balas
  12. Saya belum pernah bikin pastel kari, tapi setelah baca artikel ini, saya jadi kepikiran, buat saya yang suka makan gorengan, sudah berapa kalori yang saya makan sekali berhadapan dengan gorengan dan koleganya

    Balas
  13. Di rumah emang paling doyan kalo makan makanan yang sedap, tidak manis. Apalagi crunchy pastel yang bertemu dengan isian lembut didalamnya, duh menggoda yang lagi puasa πŸ™ˆ

    Balas

Tinggalkan komentar

Pastel Kari, Cemilan Enak dan Mengenyangkan

by Eaters time to read: 2 min
57