Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Apa Saja Ya?

Manusia membutuhkan karbohidrat dari makanan sebagai sumber energi utama. Orang Indonesia sebagian besar mengonsumsi karbohidrat dari nasi putih. Walau sudah makan macam-macam, kalau belum makan nasi rasanya belum kenyang. Tapi tahukah Eatee, bahwa ada makanan mengandung karbohidrat lainnya yang bisa dicoba? Beberapa berbentuk makanan tunggal, namun ada juga yang menjadi bahan dasar makanan olahan.

10 makanan sumber karbohidrat, apa saja contohnya?

Berikut ini adalah contoh 10 makanan sumber kabohidrat yang mudah ditemukan sehari-hari. Tiap porsinya dianggap memiliki nilai gizi yang setara dengan 100 gram nasi. Oleh karena itu, setiap porsinya bisa saling menukar. Kandungan gizinya sekitar 175 gram kalori, dan 40 gram karbohidrat.

Makanan sumber karbohidrat dari ketan

makanan sumber karbohidrat nasi ketan

Satu porsi ketan putih matang beratnya sebesar 100 gram. Pernah makan lemper? Lemper adalah salah satu contoh olahan dari ketan. Ada yang mengonsumsi ketan dengan kolak duren. Ada juga yang makan ketan hangat dengan abon. Bebas pilih sesuai selera. (sumber foto: Cookpad Pudji Handayani)

Bihun pelengkap masakan

sumber karbohidrat bihun

Satu porsi bihun mentah ditakar seberat 50 gram. Mau bihun rebus? Biasanya ditemukan saat makan bakso. Kalau bihun tumis? Sering dijadikan pendamping lauk. Ingat ya, kalau pakai minyak kalorinya pasti bertambah!

Mi/mie makanan favorit

sumber karbohidrat mi

Ada yang suka makan mi? Sebanyak 50 gram mi kering dan 200 gram mi basah dianggap sebagai satu porsi. Mi merupakan makanan sumber karbohidrat kelompok pangan olahan dari tepung terigu. Ada yang bentuknya kering sehingga bisa lama disimpan, dan sering dijadikan makanan darurat. Bila mengonsumsi mi instan, jangan lupa untuk menambah lauk dan sayurnya supaya tetap seimbang gizinya.

Jagung teman minum teh

sumber karbohidrat jagung

Jagung kuning segar seberat 125 gram dianggap sebagai 1 porsi. Minum teh sore sambil menikmati jagung rebus sepertinya nikmat. Adapun jagung bakar, berlimpah dijual saat menjelang tahun baru. Eits, jangan lupa hitung lemak tambahan dari olesan margarinnya. Eatee lebih suka yang mana?

Kentang yang gampang diolah

sumber karbohidrat kentang

Kentang sering dijadikan pilihan pengganti nasi yang dianggap lebih sehat. Kentang dengan berat 210 gram mentah kupas, setara nilai gizinya dengan satu porsi nasi. Jadi jangan lupa menghitung beratnya juga. Pilih yang rebus atau kukus. Kalau kentangnya dibuat french fries, berarti kalorinya bertambah

Roti makanan sumber karbohidrat praktis

sumber karbohidrat roti

Berat roti putih tanpa topping yang dianggap satu porsi adalah 70 gram. Bila ditambah topping jadi berapa? Tergantung pilihannya. Untuk pilihan yang lebih sehat, roti bisa dioles daging buah alpukat segar yang dihaluskan.

Havermut makanan sumber karbohidrat sehat

havermut

Sebanyak 45 gram havermut setara dengan satu porsi nasi. Havermut/oatmeal seringkali disantap saat sarapan, karena dinilai lebih praktis. Bentuk yang dijual di pasaran ada yang siap seduh, ada yang harus dimasak dahulu. Selanjutnya tinggal dicampur susu, maka sudah siap dikonsumsi. Havermut mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan.

Singkong makanan sumber karbohidrat murah

singkong

Tanaman singkong mudah sekali ditanam melalui batangnya. Satu porsi singkong takaran beratnya 120 gram. Direbus saja sudah enak, Eatee. Kalau dibuat keripik, bisa nggak sadar udah makan banyak

Si manis ubi jalar

ubi jalar

Ini juga salah satu keluarga umbi-umbian. Satu porsi ubi jalar kuning mentah kupas adalah seberat 135 gram. Mau direbus, mau digoreng, sama enaknya. Bola-bola ubi adalah salah satu contoh cemilan hasil olahan ubi jalar, ada yang pernah mencoba?

Tepung-tepungan, bahan dasar makanan olahan

tepung-tepungan

Contoh tepung-tepungan sebagai makanan sumber karbohidrat diantaranya adalah tepung tapioka, tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena. Satu porsi tepung takarannya seberat 50 gram. Tepung tapioka bisa digunakan untuk membuat pempek, cilok, dan siomay. Tepung terigu juga bisa menjadi bahan dasar pempek, roti, atau pizza. Berbagai jenis kue-kue, diantaranya kue lapis dan serabi menggunakan tepung beras sebagai salah satu bahannya. Tepung maizena sering ditambahkan untuk mengentalkan masakan dan memberi efek ‘berkilau’ menggugah selera.  

Kesimpulan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi

Jadi, 1 porsi nasi seberat 100 gram, dengan kandungan + 175 kalori dan 40 gram karbohidrat bisa digantikan dengan:

  • 100 gram ketan putih matang
  • 50 gram bihun mentah
  • 50 gram mi kering
  • 200 gram mi basah
  • 125 gram jagung utuh segar mentah
  • 210 gram kentang mentah kupas
  • 70 gram roti putih
  • 120 gram singkong mentah kupas
  • 135 gram ubi jalar kuning mentah kupas
  • 50 gram tepung tapioka/ terigu/ beras/ maizena

Nah, demikian contoh 10 makanan sumber karbohidrat. Adakah yang tahu, apalagi jenis makanan lain selain yang ada di artikel ini? Tulis di kolom komentar ya!

88 pemikiran pada “Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Apa Saja Ya?”

  1. Harus dicatet nih mba link artikelnya buat panduan saya dalam masa mengurangi nasi, bagus banget dan bermanfaat. Jadi tahu makanan lain pengganti karbo ya, badanpun nggak kebanyakan karbo dari nasi. Makasih artikelnya

    Balas
  2. Waah mie, kentang, singkong, ubi jalar aku suka semua. Kwetiau juga bisa kan ya pengganti nasi. Terima kasih nih jd dpt inspirasi diet pengganti nasi untuk suamiku..

    Balas
  3. Wah ternyata banyak pilihannya ya… sumber karbohidrat ini. Jadi kalau sudah makan salah satunya berarti kebutuhan karbohidrat sudah terpenuhi… Padahal kebiasaanya saya meskipun sudah makan mie tapi kalau belum makan nasi rasanya belum makan☺

    Balas
  4. ahh.. artikel ini cocok bgt nih buatku, karena sering bosen makan nasi… biasanya ganti nasi dengan mie, jagung, singkong, dan kentang… tenyata ada bahan lain yang bisa substitusi nasi, mereka juga bergizi… makan oatmeal dengan kombinasi bahan lain seperti ny lYak coba

    Balas
  5. Wah kalo aku mah kadang cemilannya singkong atau ubi goreng. Abis itu masi makan nasi pake lauk pauk duh hihihi Indonesia banget pokoknya. Masih blm bisa move on dari nasi euy soalnya meski udah makan karbo lain.

    Balas
  6. nah kebayang makan nasi pake bakwan jagung dan perkedel, semua karbohidrat gimana gak makin lebar, huhu. ngaca pada diri sendiri hihi. makasih mba infonya, jadi harus lebih hati-hati milah makanan biar gak karbohidrat semua yang di makan, hehe.

    Balas
  7. Dari semua daftar makanan yang mengandung karbohidrat diatas cuma havermut aja yang belum pernah nyobain, kaya gimana ya itu rasanya? Tapi orang Indonesia emang favoritnya nasi, nasi goreng aja buat lauk nasi, hehehe.

    Balas
  8. Banyak ternyata ya pengganti nasi buat sumber karbohidrat, tapi sepertinya psikologis orang Indonesia yang kebiasaan makan nasi bikin makan apapun terasa belum kenyang kalau gak pake nasi, padahal sebenarnya kalori yang dimasukkan bisa aja sama ya

    Balas
  9. aku makan nasi doyan tapi gx begitu, 1 hari saya tidak makan nasi masih bisa asalkan ada singkong dan telo. karea setiap makan singkong dan telo kenyangnya tahan lama dan perasaan badan makin kuat aja

    Balas
  10. Dari sekian sumber karbohidrat selain ansi, saya favorit dengan singkong, ubi, dan jagung. Itu paling saya suka. Eh, ketan juga deng, apalagi kalau sudah dibuat lemper isi ayam. Wah, kebayang nikmatnya.

    Balas
  11. Kalau ingin sehat, memang harus ganti-ganti sumber karbohidratnya ya…
    Saya juga mulai menerapkan, etapi kadang kalau belum nasi suka gampang lapar lagi wkwkwk

    Balas
    • Nggak juga sih, kalau mau diganti harus hitung-hitung. Kalau tidak bisa lepas dari nasi, jangan total lepas. Tetap boleh makan nasi yang penting porsinya tidak berlebihan.

      Balas
  12. Semua sumber karbohidrat yang disebutkan di atas itu, aku sukaaa. Terutama singkong, ubi, dan ketan. Memang sih, aku pun tengah mengurangi konsumsi nasi. Selain kalau ada sambal bikin nambah dan gampang banget bikin ngantuk, aku juga meminimalkan konsumsi gula dari nasi tersebut karena ayahku penderita diabetes. Jadi mesti hati-hati juga akunya.

    Balas
  13. Bener banget mb orang Indonesia, meski seharian udah nyemil sembarang — klu blm makan nasi ya bilangnya belum makan. Hihi…ternyata bnyk juga ya mknan yg mengndung karbohidrar. Thx mb infonya..

    Balas
  14. Ternyata banyak juga ya sumber karbohidrat selain nasi. Hmm… baca tulisannya jadi lapar, pengen ketan durian sama singkong goreng, apalagi di sini lagi hujan.

    Balas
  15. Saya termasuk yg tidak harus makan nasi putih sebagai sumber karbo 😉
    Kalau misal sudah makan singkong atau ubi, ya sudah cukup. Selain itu, saya lumayan suka oatmeal juga. Kadang roti oles selai/tabur meises juga sudah cukup.
    Kalau mau setara 100 gram nasi putih, sehingga asupan karbo gak berlebihan, patokan dari Mbak ini sangat membantu. Terima kasih 🙂

    Balas
  16. Saya termasuk doyan banget sama karbo, hehehe. Pantes ya badan subur kayak begini, wkwkwk. Buat saya, ubi jalar atau singkong rebus itu camilan, hahaha. Bahaya kan. Habis udah kebiasaan di kampung. Sedang belajar mengurangi. tapi nasi putih aja yang dikurangi.

    Balas
  17. Saya baru paham, kenapa kalau makan mie dilarang pakai nasi. Karena bisa bikin kelebihan karbo ya. Mendingan tambah lauk dan sayur aja kalo gitu ya. Biar sehat.

    Balas
  18. Banyak banget sumber karbohidrat dan semua saya suka, tapi adang saya mmeperlakukan mereka sebagai camilan. Beberapa malah jadi lauk, padahal tahu dan sering menertawakan diri sendiri saat melakukannya

    Balas

Tinggalkan komentar

Makanan Sumber Karbohidrat Selain Nasi, Apa Saja Ya?

by Eaters time to read: 3 min
88