Kopi Dalgona, Kopi DIY Rasa Kafe

Halo Eatee, ketemu lagi di agenda blog dua mingguan! Semakin ramai berita dan cerita tentang Kopi Dalgona, Eaters mau cincang resepnya hari ini. Banyak orang tertarik dan berusaha membuatnya sendiri. Sayangnya Eaters nggak ngopi nih, nggak sedia bahan untuk membuatnya. Tapi penasaran juga, apa sih yang menarik dari Kopi Dalgona?

Sekilas Tentang Kopi Dalgona

Mengutip tulisan dari Patricia Baes di The Jakarta Post, kopi Dalgona ini menjadi begitu popular setelah muncul pada TV Show Korea di bulan Januari. Wah, ternyata sudah lumayan lama, ya! Banyak orang kemudian mencoba membuatnya dan mengklaim bahwa rasa kopi ini nggak kalah dari kopi di kafe terkenal. Modalnya minim, membuatnya pun gampang.

Pada intinya, Kopi Dalgona adalah kopi yang dikocok dengan gula dan sedikit air hingga sampai konsistensi tertentu, lalu dicampur susu. Video tutorial Do It Yourself (DIY) untuk menunjukkan cara pembuatan Kopi Dalgona dapat dengan mudah wara-wiri di media sosial. Eaters akhirnya menuliskan resepnya setelah mendapatkan foto dan resep dari rekan sejawat. Apa iya segampang itu?

Resep

Bahan
  • Kopi instan 2 sendok makan; percobaan menggunakan kopi biasa (bukan instan) dari percobaan beberapa orang menunjukkan hasil yang tidak sesuai harapan. Konsistensi kocokan kopi tidak bisa kental. Padahal itu seninya sajian kopi ini.
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Air panas/ hangat 2 sendok makan
  • Susu 1 gelas (200 ml)
Bahan alternatif

Bagi orang yang bukan peminum kopi, bisa mengganti kopi dengan Milo. Bisa juga ditambah krimmer bila suka. Bahkan beberapa resep yang Eaters temukan mencantumkan takaran bahan yang berbeda-beda. Tapi, kalau bukan menggunakan kopi, apa namanya masih Kopi Dalgona?

Alat

Pengocok manual/ whisker atau blender atau mixer. Pengocokan dengan whisker membutuhkan waktu lebih lama dan beberapa orang ada yang gagal membuatnya menggunakan ini. Teman saya malah ada yang membuatnya pakai garpu saja, lho! Tutorial di video menunjukkan butuh waktu sekitar 8-10 menit pengocokan menggunakan whisker. Lumayan pegal sepertinya, Eatee. Bila memakai mixer, dibutuhkan waktu sekitar tiga menit saja. Bila mau pakai blender, pilih ukuran kecil saja karena yang dikocok cuma sedikit.

Cara membuat

Campurkan kopi, gula, dan air lalu kocok. Ada yang menambah air sedikit-sedikit, ada yang sekaligus. Kocok sampai lembut dan agak kental seperti krim yang kaku. Siapkan susu 1 gelas. Susu bisa dihangatkan sebentar, atau disajikan dingin. Tuang pelan-pelan krim kopi di atasnya.

Pelengkap

Untuk mempercantik, bisa ditambahkan topping. Ada yang menambahkan coklat atau kopi bubuk, oreo, atau biskuit lainnya. Mau lebih dingin? Bisa tambahkan es batu.

Kandungan Kopi Dalgona

Kandungan gizi pada untuk sajian ini tergantung dengan merek dan jenis kopi, susu, serta topping yang digunakan. Karena kopinya instan, akan mudah mendapatkan label gizi di belakang bungkus kopi.

Kandungan kalori kopi pada sajian ini tidak signifikan. Menurut artikel yang dirilis oleh American Heart Association, kopi hitam masih aman untuk dinikmati 3-5 cangkir sehari bagi individu sehat dan sudah terbiasa minum kopi. Penting untuk memperhatikan reaksi tubuh masing-masing setelah meminum kopi.

Lalu, bagaimana dengan dengan bahan campuran yang lain dalam resep ini? Susu pada resep, biasanya dipilih jenis full cream. Eeaters beri contoh untuk dua merek susu full cream dengan takaran saji 250 mL, jumlah kalori dan zat gizi lainnya bisa berbeda. Hayo hitung, berapa kandungan gizi kalau yang dipakai hanya 200 mL susu?

Untuk 250 mL susu, mengandung 150-160 kalori

Suka kopi atau suka manis nih? Pemakaian dua sendok makan gula pasir pada satu sajian ini telah mengurangi jatah harian gula separuhnya. Jadi, kalau minum Kopi Dalgona dua kali sehari, jatah gulanya sudah habis. Hayo…

Baca juga: Pedoman gizi seimbang

Nah Eatee, setelah cincang resep, kira-kira bagaimana tanggapannya? Tertarik untuk membuatnya? Share kreasi kopi versi kalian di komentar ya!

Kopi dalgona

105 pemikiran pada “Kopi Dalgona, Kopi DIY Rasa Kafe”

  1. Wah ternyata udah lama juga ya dari Januari. Baru viral sekarang ini. Palingan bentar lagi reda. Btw sepertinya enak juga ya. Layak buat dicoba buat yang suka ngopi

    Balas
  2. Wah, ini kopi yang sedang sangat ngehits. Mungkin karena solusi bisa bergaya ala ngafe atau krena memang di rumah aja butuh pelampiasan. Suami saya juga tiba-tiba rikues. hihihi

    Balas
  3. Saya baru tau ini dari Korea ya, hits banget kayaknya sekarang dimana-mana ngomongin dan bahas kopi Dalgona ini. Pengen coba juga deh ih apalagi bahannya pun mudah ya k.

    Balas
  4. Enak kayaknya nih kopi dalgona ini. Buatnya juga cukup mudah. Sebagai pecinta kopi kayaknya aku harus coba bikin nih!

    Balas
  5. Kopi Dalgona ini sedang hits banget ya. Aku baru satu kali cobain, tapi takarannya hanya 1:1, karena ga suka terlalu manis dan suamiku suka yang kopi banget 🙂

    Dan dia ketagihan, minta dibikinin seminggu sekali. Mengingat itu kalorinya lumayan tinggi 🙂

    Balas
  6. Kopi hits wkwkww, apalagi buzzer para blogger post kopi dalgona hahahah, karena aku ga ikutan wkwkw, btw kopinya harus nesc*** ya kak begitu juga dengan susu, kalau merk lain dan ga sachet bole ga pengen coba soalnya wkwkkw.

    Balas
  7. Ini kopi yang lagi hits nich…beruntung dibuatin resepnya dan cara buatnya..ga ribet..2 sendok kopi dan 2 sendok gula 2 sendok air ..aduk… campur dengan susu full cream… done ya kak

    Balas
  8. waaah kopi dalgona ya. aku udah bikin dua kali dan dua duanya berhasil. gak pakai mixer loh. cukup sendok aja. enak nih kopi kekinian. nagih bikinnya.

    Balas
  9. pernah coba pakai merk indocafe gak jadi wkwkw, katanya harus kopi yang ada bahannya cream gitu ya biar mengembang. nah di nescafe emang ada kandungan creamnya jadi bisa mengembang, kalo pakai bahan lainnya harus ditambah whiped cream ceunah. jadi yaudah saya nikmati aja kopi susu biasa haha, enak juga tetep hahaha.

    Balas
  10. Di wall Facebook-ku, kebanyakan pada pamer kopi hits ini. Apalagi, saat #stayathome seperti sekarang ini, kita jadi punya banyak waktu di rumah sehingga bisa bebas berkreasi di dapur. Tapi, saat ini belum pernah nyoba bikin,sih.

    Balas
  11. Saya udah coba mbak.. tapi kurang kental krimnya karena saya pakai cara kocok manual yang lumayan bikin pegal, haha.. tapi asli puas sama hasilnya… ternyata kopi berubah cream lembut. Saya baru mau coba pakai coklat. Jadi dalgona choco kali ya

    Balas
  12. Sudah lama tidak minum kopi, tapi lihat postingan di media sosial tentang kopi dalgona, kok saya merasa ngiler ya. Mau lagi menikmati kopi seperti dahulu.
    Ah, kopi kadang dirindukan.

    Balas
  13. Awalnya aku pikir Dalgona ini merk kopi lho, tapi ternyata temen-temenku yg bukan Blogger kok pada bikin. Penasaran browsing tyt DIY Kopi ya… Semua bisa bikin dengan bahan sesuai selera.

    Balas
  14. AKu dah coba, suami yang bikin pake pengocok telur yang disambung ke mesin bor haha. Pas aku yang bikin jadinya bukan dalgona tapi dalgatot entah apa yang salah, mau coba lagi ahh siapa tau berhasil

    Balas
  15. Kopi dalgona skrg lagi trend di dunai kuliner, namun hanya sebentar saja.. saya belum pernah buat dalgona kopi. namun nantinya saya akan pasti buat karena terlihat enak yaaa dan simple

    Balas
  16. Gadis kecil saya nih mbak yang dua hari ini sibuk nyona mbuat dalgona ini. Katanya teman temannya sudah banyak yg nyoba buat hehe.. Sedang trend rupanya.
    Percobaan pertama gagal, padahal semangaat sekali ngaduknya. Lama pula. Ternyata ya itu, katanya gara gara pakai kopi yg ada ampasnya.
    Percobaan kedua pakai dua sachet nescafe klasik san susu uht ultra milk full cream. Saya lihat dia dah hore hore berhasil.
    Kalau saya sendiri kebetulan tidak ngopi. Perut says tidak tahan kopi 🙂

    Balas
  17. Horee, aku juga sudah bikin dong. Hanya saja aku kurang cocok karena nescafe itu kan asam. Jadi cukup sekali saja. Aku lebih cocok kopi hitam biasa. Itu pun harus yang tidak asam. hehe

    Balas
  18. aku udah coba pakai whisker dan enggak berhasil atau mungkin kurang lama ya lha wong mixer aja 3 menit. Ah besok mau coba pakai mixer aja kebetulan tadi beli 4 kopi dan masih sisa 2, hehe. Masih aja penasaran

    Balas
  19. Di timeline udah rame banget temen-temen dumay yang share hasil karya mereka ini, cuma aku masih belum minat untuk mencoba. Mungkin karena aku sendiri ga suka minum kopi, ya. Hehehe. Tapi aku suka melihat foto-fotonya.

    Balas